Imunisasi BCG – Imunisasi BCG Wajib Bagi Bayi

Imunisasi wajib adalah imunisasi yang harus diberikan pada bayi. Dengan imunisasi wajib, maka bayi akan terlindung terhadap penyakit yang kerap menyerang. Di antara berbagai jenis imunisasi, yang termasuk imunisasi wajib adalah imunisasi BCG, DPT, Polio, Campak dan Hepatitis B.

imunisasi bcgImunisasi BCG (Bacillus Calmette Guerin) berperan untuk mencegah terjangkitnya penyakit Tuberculosis yang disebabkan oleh bakteri Mycrobacterium tuberculosis. Bakteri penyebab tuberculosis ini sangat mudah menular melalui udara pernafasan. Penyakit ini menimbulkan gejala antara lain batuk yang sulit sembuh disertai kesulitan bernafas, demam tinggi, berkeringat dan nafsu makan sangat rendah. Tuberkulosis dapat menyebabkan kematian.

Memiliki anak yang sehat dan terhindar dari penyakit adalah keinginan semua orang tua. Guna menghindari penyakit yang berbahaya, maka sejak lahir bayi telah diberikan beberapa macam imunisasi. Salah satu jenis imunisasi wajib yang diberikan kepada bayi adalah imunisasi BCG. Imunisasi BCG pada bayi biasanya diberikan pada saat bayi baru saja lahir atau maksimal di usia 2 bulan pertama setelah lahir.

Imunisasi BCG pada bayi diberikan satu kali dan tidak perlu untuk diulang atau dilakukan boost. Vaksin BCG ini mampu menimbulkan respon imun jangka panjang atau termemori di dalam tubuh anak. Guna mengefektifkan pemberian vaksin BCG, alangkah lebih baiknya bayi diimunisasi segera setelah lahir, apalagi bakteri penyebab tuberculosis banyak terdapat di udara dan dikhawatirkan bahwa lingkungan tinggal bayi tidak steril dari bakteri penyebab tuberculosis ini.

Vaksin Bacille Calmette-Guerin (BCG) dibuat dari bakteri Mycobacterium Bovis hidup yang sudah dilemahkan. Ditemukan oleh Albert Calmette, ahli mikrobiologi danCamille Guerin dari Perancis dan sudah terkenal sejak tahun 1921. Vaksin BCG mengandung jenis kuman TBC yang masih hidup tapi sudah dilemahkan. Pemberian imunisasi ini bertujuan untuk menimbulkan kekebalan aktif terhadap penyakit tuberkulosis (TBC). Imunisasi BCG tidak dapat menjamin 100% anak akan terhindar penyakit TBC. Tetapi, seandainya bayi yang telah diimunisasi BCG terjangkit TBC, maka ia hanya akan menderita penyakit TBC ringan.

Pada imunisasi BCG, umumnya jarang dijumpai efek samping. Memang, kadang terjadi pembengkakan kelenjar getah bening setempat yang terbatas, tapi biasanya sembuh dengan sendirinya walaupun lambat. Bila suntikan BCG dilakukan di lengan atas, pembengkakan kelenjar terjadi di ketiak atau di leher bagian bawah. Suntikan di paha dapat menimbulkan pembengkakkan di kelenjar selangkangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>