(021) 424 8790 / 422 0214 info@inharmonyclinic.com

Herpes Zoster adalah penyakit yang menimbulkan ruam di kulit. Ruam-ruam ini biasanya muncul pada wajah atau badan si penderita dan rasanya menyakitkan. Ruam-ruam ini perlahan akan melepuh dan bekasnya mengakibatkan keropeng dalam 7 sampai 10 hari setelah ruam muncul. Keropeng yang disebabkan oleh ruam-ruam tersebut akan hilang dalam jangka waktu 2 sampai 4 minggu. Orang yang sudah pernah terserang penyakit cacar air sangat mungkin terserang herpes zoster nantinya. Bahkan anak kecil juga bisa terserang Herpes Zoster. Meski begitu, resiko terkena penyakit ini makin tinggi seiring dengan bertambahnya usia. Sekitar setengah dari keseluruhan kasus yang tercatat, Herpes Zoster muncul pada pria dan wanita usia 60 tahun keatas.  Saat ini Anda bisa mencegah diri dan orang tua Anda dari terjangkit penyakit ini dengan imunisasi Herpes Zoster.

Sebelum ruam muncul, penderita penyakit Herpes Zoster akan mengalami rasa sakit, gatal, atau menggelitik di titik ruam akan muncul. Kondisi ini mungkin muncul satu sampai lima hari sebelum ruam muncul.

Pada umumnya, kumpulan ruam-ruam tersebut muncul dalam bentuk garis pada bagian kanan atau kiri tubuh saja. Pada kasus lain, ruam-ruam akan muncul pada sebagian wajah (bukan keseluruhan). Pada kasus yang lebih langka (umumnya pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah), ruam-ruam yang muncul akan lebih menyebar (tidak hanya tumbuh dalam pola segaris) dan terlihat sangat mirip dengan cacar air. Penyakit ini bisa memengaruhi mata dan karenanya mampu menyebabkan kehilangan penglihatan.

Gejala zoster yang lainnya meliputi :

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Kedinginan
  • Sakit perut

 

Bagi sebagian orang, rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit ini masih akan tetap tersisa meskipun ruam-ruam yang ada di badan atau di wajah sudah hilang. Rasa sakit ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan atau bahkan tahunan. Rasa sakit yang lama hilangnya ini disebut juga dengan istilah post-herpetic neuralgia (PHN). PHN adalah komplikasi zoster yang paling umum muncul. Resiko terkena zoster dan PHN meningkat seiring bertambahnya usia.

 

Imunisasi Herpes Zoster sudah ditemukan sejak tahun 2006. Imunisasi Herpes Zoster mampu mengurangi resiko terkena Herpes Zoster hingga 51% dan PHN hingga 67% dosis imunisasi Herpes Zoster diberikan sebanyak satu kali.