(021) 424 8790 / 422 0214 info@inharmonyclinic.com

Imunisasi PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine) melindungi Anda dari penyakit pneumococcal. Penyakit pneumococcal disebabkan oleh bakteri bernama pneumococcus. penyakit ini biasanya ringan, tetapi bisa menyebabkan gejala yang serius, kelumpuhan seumur hidup, atau bahkan kematian. Anak-anak yang lebih muda dari 2 tahun memiliki resiko paling tinggi terinfeksi penyakit ini.

Penyakit pneumococcal memiliki banyak jenis. Gejala-gejala yang muncul tergantung dari bagian tubuh yang terinfeksi.

Pneumococcal pneumonia (infeksi paru-paru) adalah penyakit pneumococcal yang paling umum. Gejala yang muncul :

  • Demam
  • Batuk
  • Kesulitan bernapas
  • Nyeri dada

Pneumococcal meningitis adalah infeksi yang menyerang otak dan syaraf. Gejalanya meliputi :

  • Kaku pada leher
  • Demam dan sakit kepala
  • Nyeri pada mata saat melihat cahaya terang
  • Kebingungan

Pada bayi, meningitis bisa menyebabkan hilang nafsu makan, tidak peka, dan muntah-muntah.

Bakteri pneumococcal ini juga bisa menyebabkan sakit infeksi darah (bacteremia dan sepsis) yang menyebabkan demam, menggigil, dan tidak bisa berkonsentrasi.

Selain itu, bakteri ini juga mampu menyebabkan infeksi telinga (otitis media). Gejalanya adalah sakit di telinga, membengkaknya gendang telinga dan kadang disertai demam dan sering mengantuk.

Penyakit pneumococcal bisa jadi ringan atau bahkan sangat berbahaya.  Sekitar 2000 kasus serius (bacteremia, pneumonia dengan bacteremia, dan meningitis) terjadi setiap tahun pada balita di Amerika. Penyakit-penyakit ini bisa mengarah pada disabilitas seperti tuli, kerusakan otak, atau bahkan kehilangan tangan atau kaki. Sekitar 1 dari 15 anak yang menderita pneumococcal meningitis meninggal.

Penyakit pneumococcal menyebar saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Beberapa akan tidak merasa sakit, tapi mereka bisa saja dalam hidung dan tenggorokannya terdapat bakteri pneumococcus. Anak-anak yang tidak memiliki gejala seperti ini juga bisa menyebarkan penyakit pneumococcal.

 

Menurut rekomendasi IDAI, imunisasi PCV mulai diberikan pada anak berusia 2 bulan lalu dilanjutkan suntikan kedua pada saat bayi berusia 4 bulan dan suntikan ketiga pada saat bayi berusia 6 bulan.

Namun apabila Imunisasi PCV diberikan pada anak usia 7-12 bulan, Imunisasi ini hanya diberikan sebanyak 2 kali dengan interval 2 bulan. Pada anak usia lebih dari 1 tahun, suntikan imunisasi wajib PCV hanya diberikan sebanyak 1 kali. Booster bagi anak yang baru memulai imunisasi PCV pada usia 7 bulan ke atas perlu diberikan sekali minimal 2 bulan setelah dosis terakhir. Pada anak usia 2 tahun ke atas, Imunisasi PCV hanya perlu diberikan sekali.

In Harmony Clinic, klinik vaksinasi nomor 1 di Indonesia, menyediakan imunisasi PCV dengan harga yang paling terjangkau. Segera konsultasikan kebutuhan imunisasi anda dengan tenaga medis ahli kami di nomor 021-4220214/021-4248790. In Hatmony Clinic, #IChooseToPrevent