(021) 424 8790 / 422 0214 info@inharmonyclinic.com

Rotavirus adalah virus yang menyebabka diare. Virus ini terutama menyebabkan diare pada bayi dan balita. Diare yang disebabkan oleh rotavirus sangat mungkin menjadi parah tingkatannya dan bahkan pada akhirnya menyebabkan dehidrasi. Demam dan muntah juga gejala yang umum timbul pada bayi yang terjangkit rotavirus. Semenjak vaksin rotavirus ditemukan, imunisasi rotavirus menurunkan angka terjangkit virus ini secara signifikan.

 

Setiap tahunnya, sebelum imunisasi rotavirus tersedia :

  • Lebih dari 400.000 anak-anak harus periksa ke dokter untuk penanganan penyakit yang disebabkan oleh rotavirus,
  • Lebih dari 200.000 ¬†anak harus mengunjungi ruang gawat darurat karena virus ini,
  • 55.000 sampai 70.000 anak harus dirawat jalan,
  • 20 sampai 60 anak meninggal.

Penemuan vaksin rotavirus dan imunisasi rotavirus diberikan pada anak-anak, angka pasien rawat jalan dan gawat darurat yang terjangkit  rotavirus menurun secara drastis.

Dosis imunisasi rotavirus direkomendasikan pada usia berikut :

  • Dosis pertama: usia 2 bulan
  • Dosis kedua: usia 4 bulan
  • Dosis ketiga: usia 6 bulan

Anak harus mendapatkan dosis pertama rotavirus sebelum berusia 15 minggu dan dosis terkahir tidak lebih dari 8 bulan. Imunisasi ini aman diberikan bersamaan dengan imunisasi vaksin lainnya

Hampir setiap anak yang mendapatkan imunisasi rotavirus akan terlindungi dari diare rotavirus yang parah. Bahkan mayoritas bayi yang mendapatkan imunisasi rotavirus tidak akan sama sekali terserang diare rotavirus sama sekali.

Vaksin rotavirus hanya melindungi anak dari rotavirus. Vaksin rotavirus tidak melindungi anak dari diare yang disebabkan oleh kuman lain.

Bayi yang mengalami reaksi alergi parah oleh karena pemberian vaksin rotavirus tidak boleh diberikan dosis vaksin rotavirus lanjutan.

 

Periksakan kondisi sistem kekebalan tubuh bayi pada dokter anda. Karena beberapa bayi yang kondisi kekebalan tubuhnya rendah tidak boleh mendapatkan dosis imunisasi rotavirus. Terutama pada bayi yang terjangkit HIV, sedang dalam pengobatan khusus, atau bayi yang menderita kanker atau sedang menjalani perawatan kanker.

Konsultasikan kebutuhan imunisasi anak dan vaksinasi Anda dengan tim medis ahli kami. Hubungi In Harmony Clinic, klinik vaksinasi nomor 1 di Indonesia melalui 021-4220214/021-4248790. Selain imunisasi rotavirus, kami menyediakan imunisasi lain seperti Hepatitis B, Polio, BCG, DTP, Hib, dan Campak dengan harga yang paling terjangkau. In Harmony Clinic, #IChooseToPrevent.