(021) 424 8790 / 422 0214 info@inharmonyclinic.com

Yellow Fever atau demam kuning adalah infeksi virus akut yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Penyakit ini memiliki kata “yellow” atau kuning dalam namanya karena gejala penguningan tubuh (seperti pada pasien hepatitis) kerap terjadi pada pasien yang terjangkit.  Gejala yellow fever meliputi demam, sakit kepala, penguningan, nyeri otot, mual, muntah, dan kelelahan. Oleh karena itu imunisasi yellow fever sangat dibutuhkan bagi mereka yang berniat mengunjungi daerah-daerah endemik virus ini, yaitu di area tropis afrika dan amerika tengah serta selatan.

Yellow fever bisa dicegah infeksinya dengan vaksin yang efektif, aman, dan terjangkau. Satu dosis vaksin Yellow Fever sudah cukuip untuk membentuk kekebalan terhadap virus ini. Kekebalan yang terbentuk dari pemberian imunisasi yellow fever ini bertahan seumur hidup dan sejauh ini tidak diperlukan booster untuk mempertahankan kekebalan yang dimiliki. Pada 99% orang yang mendapatkan imunisasi yellow fever, kekebalan akan siap dalam jangka waktu 30 hari setelah vaksin disuntikkan.

Pasien yang terjangkit virus ini kadang mengalami gejala berat dan dapat meninggal dalam waktu 7 sampai 10 hari. Virus penyakit ini mengalami proses inkubasi dalam tubuh selama 3 sampai 6 hari. Terkadang gejala tidak akan muncul, namun jika gejala muncul biasanya berupa demam, nyeri otot, sakit pada punggung, sakit kepala, hilang nafsu makan, dan muntah-muntah. Dalam banyak kasus, gejala-gejala ini akan hilang setelah 2 sampai 4 hari.

Namun, beberapa pasien berpotensi mengalami tingkatan lanjut dari penyakit tersebut dalam tempo 24 jam setelah pulih dari gejala-gejala awal. Pasien kembali mengalami demam tinggi dan beberapa sistem tubuh ikut terpengaruh, biasanya hati dan ginjal. Pada kondisi ini, biasanya orang yang terjangkit akan mengalami sakit kuning (penguningan kulit dan mata), urine berwarna gelap, dan nyeri di perut saat muntah. Pendarahan dapat terjadi pada mulut, hidung, dan mata. Separuh dari orang yang mengalami gejala tingkat lanjut ini meninggal pada hari ke 7-10.

Bagi Anda yang ingin bepergian ke negara-negara endemik penyakit ini dan membutuhkan imunisasi yellow fever, In Harmony Clinic menyediakan vaksin ini dengan harga yang paling terjangkau. Hubungi tim medis kami untuk berkonsultasi megnenai kebutuhan vaksin dan imunisasi Anda di nomor 021-4220214/021-4248790.