Apa itu HPV?

Apa itu HPV ( Human papillomavirus ) ?

Mengenal Apa Itu HPV dan Resikonya Pada Manusia

Banyak yang belum tahu apa itu HPV. Istilah HPV merujuk pada jenis virus Human papillomavirus yang bisa menginfekis manusia baik pria maupun wanita, anak-anak maupun dewasa.

Penularan virus ini juga cenderung sangat mudah. Yakni bisa melalui sentuhan kulit langsung dengan pengidap. Hubungan seksual bisa pula menjadi penularan yang mudah akan virus ini.

 

Apa Itu HPV dan Tanda-Tanda Infeksinya

Seperti halnya virus lain, sebenarnya HPV bisa sembuh tanpa pengobatan. Namun jika virus sudah menyerang organ berbahaya pada tubuh, tindakan pengobatan diperlukan untuk meredakan gejalanya yang menyakitkan.

Yang penting diketahui bukan hanya apa itu HPV , namun juga gejalanya. Pada umumnya, gejala dari virus HPV ditandai dengan munculnya kutil. Gejala ini muncul baik pada kulit maupun pada alat kelamin. Gejala ini juga bisa disertai dengan flu dan demam.

Pada kasus ekstrim, HPV bisa menyebabkan kanker. Maka, jika muncul kutil dan membuat tubuh merasa tidak nyaman, segera periksakan diri ke dokter. Pencegahan sejak dini bisa mencegah mengganasnya virus. Serta membantu agar virus tidak dengan mudah menular pada orang lain.

 

Apa Itu HPV dan Penyakit Yang Ditumbulkan

Penyakit HPV bisa menimbulkan kutil pada kulit. Yang paling berbahaya adalah resiko terkena kanker serviks. Kanker juga bisa menyerang vagina, anus, mulut, hingga tenggorokan.

Lalu, bagaimana cara pencehagan dari virus HPV?

Untuk terhindar dari penyakit kanker serviks, tindakan yang paling utama adalah dengan vaksin HPV. Dengan demikian, maka tubuh bisa membentuk antibody terhadap virus tersebut.

Jenis vaksin ini ada 2:

  1. Quadrivalent
  2. Bivalent

Keduanya sama-sama bermanfaat dalam pencegahan kanker serviks. Aplikasinya bisa untuk laki-laki maupun wanita.

Setelah pemberian vaksin, biasanya akan muncul efek samping baik berupa reaksi lokal maupun sistemik.

  1. Reaksi lokal: bengkak atau kemerahan pada lokasi yang disuntik vaksin
  2. Reaksi sistemik: mual dan muncul sakit kepala

Tindakan pencegahan sangat penting. Utamanya bagi yang sudah paham akan apa itu HPV dan bahayanya bagi manusia, terutama wanita.

Baca Juga : Human Papillomavirus, Penyebab Utama Kanker Serviks

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment