(021) 424 8790 / 422 0214 info@inharmonyclinic.com
Apa itu HPV?

Kenali Ciri-Ciri Kanker Serviks Stadium Awal

Apabila kita berbicara tentang kanker serviks, nampaknya sangat sulit mendeteksi gejalanya. Gejala kanker serviks stadium awal memang jarang sekali terlihat. Ciri-ciri kanker serviks tidak terasa sehingga tak menimbulkan sebuah gejala sama sekali sampai pada akhirnya sel kanker menyebar ke jaringan-jaringan yang ada di sekitarnya. Untuk itu lah sangat disarankan untuk melakukan Pap smear guna mendeteksi kanker serviks kemudian bisa dilanjutkan penanganan prakanker.

Ciri-Ciri Kanker Serviks Stadium Awal

Seperti di sebutkan di atas bahwa gejala atau ciri kanker serviks stadium awal memang tidak terlihat sama sekali. Apabila kanker tersebut sudah menyebar, maka gelajanya akan terlihat. Ciri-cirinya cukup jelas.

Ciri atau gejala yang pertama adalah panggul terasa nyeri saat berhubungan seksual. Ciri yang kedua adalah terjadinya keputihan yang tidak biasa karena dicampur dengan air (berair) serta darah juga. Selain itu juga, keputihannya berbau busuk, warnanya jernih atau bahkan kecoklatan. Ciri-ciri kanker serviks stadium awal yang terakhir adalah adanya pendarahan vagina yang tak beraturan. Gejala ini bisa dikatakan gejala yang paling umum dari penyakit kanker serviks ini. Pendarahan bisa terjadi antara periode menstruasi atau setelah wanita berhubungan seks.  Pendarahan ini pun bisa terjadi pada wanita yang telah mengalami masa menopause. Kondisi ini adalah tanda bahwa ada penyakit kanker serviks atau kondisi serius yang lainnya.

Kebanyakan orang yang terkena kanker serviks tak mengalami gejala atau tanda-tanda apapun. Namun beberapa jenis virusnya yaitu HPV ada yang mampu memunculkan gejala yang mana terlihat seperti adanya kutil kelamin atau kanker itu sendiri. Apabila ciri-ciri kanker serviks stadium awal sudah muncul, maka akan muncul ciri atau gejala yang lainnya yang mana lebih berat misalnya penurunan berat badan, kesulitan buang air kecil, badan merasa lemah, sampai dengan pembengakan satu atau bahkan 2 kaki.

Nah, mulai dari sekarang  sebaiknya anda yang sudah pernah berhubungan intim melakuan Pap smear secara rutin sehingga ciri-ciri kanker serviks stadium awal bisa terdeteksi lebih awal.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment