Kiat-Kiat Agar Tidak Tertular HPV

Tidak banyak yang sadar bahwa banyak sekali virus yang ada di sekitar manusia. Salah satu dari virus-virus itu adalah virus HPV. Virus ini adalah satu golongan virus yang berisikan kira-kira 150 jenis virus serupa juga. Beberapa jenisnya bisa menimbulkan kutil dan kanker. Virus ini pasalnya menyerang kulit dan juga selaput lembab yang melapisi tubuh anda misalnya leher rahim pada wanita, kemudian anus, tenggorokan dan mulut. Lalu, adakah kiat-kiat agar tidak tertular HPV?

Kiat-Kiat Agar Tidak Tertular HPV

Tentu saja anda bisa mencegah virus HPV hadir ke dalam hidup anda dan tetap sehat. Beberapa cara yang ampuh antara lain yang pertama, mendapatkan vaksinasi HPV. Ini sudah dibuktikan sangat aman dan efektif juga dalam melindungi diri anda dari penyakit-penyakit yang mana disebabkan oleh HPV termasuk juga penyakit kanker. Kemudian, anda bisa melakukan pemeriksaan rutin kanker serviks atau kanker leher rahim. Pemeriksaan kanker serviks dengan rutin pada perempuan usia 21-65 tahun dapat mencegah perkembangan kanker serviks.

Kiat agar tidak tertular HPV yang ketiga yaitu dengan menggunakan kondom ketika berhubungan seks. Memang ini tidak 100% menjamin namun menggunakan kondom dengan baik dan benar ketika melakukan hubungan seksual sudah terbukti bisa menurunkan risiko terjangkit dan tertularnya virus HPV. Namun sayangnya, bagian tubuh yang tak tertutupi kondom masih bisa terjangkit karena HPV penularannya lewat kulit. Kiat yang selanjutnya adalah dengan tidak gonta-ganti pasangan seks. Ini bisa menurunkan risiko terjangkit dan tertular virus HPV. Bisa saja pasangan seks anda yang dulu atau yang sekarang yang memiliki virus HPV dan sudah terinfeksi.

Kiat agar tidak tertular HPV yang terakhir adalah dengan menjaga kebersihan vagina anda. Vagina yang kurang bersih akan jauh lebih rentan terkena infeksi virus HPV ini. untuk itu lah anda direkomedasikan untuk menjaga kebersihan di daerah kewanitaan anda dengan menggunakan antiseptik, terutama saat keputihan dan menstruasi. Namun gunakan cairan antiseptik ini hanya untuk bagian luar vagina saja.

Semoga artikel ini membantu anda yang tengah mencari kiat-kiat agar tidak tertular HPV. Dan semoga anda tidak termasuk yang tertular HPV.

Baca Juga : Kenapa Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Menikah Itu Penting

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment