virus hpv

Siapa yang Paling Berisiko Terkena HPV

Tidak banyak orang yang peduli tentang kesehatan mereka di era modern sekarang ini. Dengan bertambahnya dan berubahnya gaya hidup mereka, terkadang mereka tak sadar bahaya sebuah penyakit. Salah satu penyakit yang cukup banyak memakan korban adalah kanker serviks. Siapa yang paling berisiko terkena kanker serviks? Namun sebelum berbicara lebih lanjut tetang kanker serviks, nampaknya kita harus membahas tentang VirusĀ HPV yang berkaitan erat dengan kanker serviks.

Kenali HPV Dulu

Tidak banyak orang yang tahu juga soal HPV (Human Papillomavirus). Menurut AC Neilsen Survey yang dilakukan pada tahun 2013 tepatnya di 5 buah kota besar di Indonesia, pasalnya hanya ada 2% responden yang tahu tentang HPV. Minimnya pengetahuan ini menyebaban banyak sekali orang tidak sesegera mungkin melakukan pencegahan penularan HPV.

Baca Juga : Apa itu virus

HPV adalah virus umum yang dapat menjangkit setiap orang karena penularannya sangat mudah. Pada umumnya orang-orang tidak sadar bahwa mereka terjangkit virus HPV sebelum akhirnya terjadi masalah kesehatan yang sangar serius. “Penularan HPV ini 80% lewat hubungan seksual, namun 10-15 bukan dari hubungan sekual, bisa juga dari tangan, pakaian atau handuk,” ungkap Prof. Dr. dr. Samuridjal Djauzi, SpPD, K-AI yang berasal dari Indonesian Working Group on HPV.

Sebetulnya ada 130 tipe HPV dan yang palin sering menginfeksi manusia adalah 4 tipe di antaranya yaitu tipe 6, 11, 16 dan juga tipe 18. Nah, kanker serviks atau kanker leher rahim, merupakan jenis kanker yang mana disebabkan oleh HPV tipe 16 dan juga tipe 18. Di Indonesia sendiri diperkirakan ada lebih dari 1 wanita yang meninggal dunia karena kanker serviks tiap jamnya. Siapa yang paling berisiko terkena virus HPV yang menyebabkan kanker serviks ini? Ia lah wanita yang sudah menikah. Apabila saat berhubungan seks HPV sudah menular, maka dalam waktu beberapa atau bahkan puluhan tahun, HPV bakal merusak serviks kemudian menjadi kanker.

Jadi sekarang anda sudah tahu virus HPV yang bisa menyebabkan kanker serviks atau kanker leher rahim. Semoga kesadaran tetang HPV ini lebih ditingkatkan lagi di Indonesia.

Deskripsi singkat: Bagi anda dan pasangan yang akan menikah penting melakukan Pemeriksaan sebelum menikah untuk tahu kemungkinan-kemungkinan penyakit atau masalah kesehatan yang ada pada diri masing-masing.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment