Imunisasi Bayi dan Anak - Info Penting Untuk para Orang Tua Selama Pandemi

imunisasi anak

Imunisasi bayi yang aman dan nyaman selama pandemi

Imunisasi bayi dan anak pusatimunisasi.com – Ayah dan Bunda, imunisasi merupakan perlindungan penting yang harus kita berikan pada si buah hati. Banyak sekali penyakit-penyakit berbahaya yang dapat menjangkit anak, terutama bayi. Sayangnya, di Indonesia masih banyak orang tua yang tidak memahami pentingnya imunisasi. Sehingga imunisasi bayi sering terlewat dan tidak menjadi prioritas.

Untuk Ayah dan Bunda yang telah mengunjungi page ini dan peduli akan imunisasi bayi dan anak, kami menyediakan jadwal imunisasi yang bisa didownload secara gratis di bawah ini :

 

Download Jadwal

Diantara penyakit-penyakit berbahaya yang bisa dicegah dengan imunisasi, sebagian besarnya mampu menular saat anak telah lahir dan beberapa jenis yang lainnya mampu menular pada janin.

Salah satu dari penyakit-penyakit yang virusnya mampu menular pada saat anak sudah lahir adalah batuk rejan (pertussis). Pertussis saat ini mampu dicegah dengan imunisasi bayi jenis DPT / Tdap (imunisasi difteri, pertussis, tetanus). Gejala pertussis adalah anak batuk dengan tanpa henti selama beberapa saat. Biasanya saat diantara batuk-batuk tersebut anak akan menarik napas panjang dan berbunyi, seperti terkena asthma (bengek). Hal ini disebabkan oleh kurangnya udara yang didapat oleh paru-paru saat batuk tak henti-henti.

Berikut adalah salah satu video dari mayoclinic yang membuat kita menyadari betapa berbahayanya batuk rejan (pertussis).

Anak penderita batuk rejan :

https://www.youtube.com/watch?v=S3oZrMGDMMw&t=13s
Batuk rejan pada anak (PERHATIAN : Video ini hanya sebagai gambaran bagi kita semua untuk lebih waspada terhadap pertussis/batuk rejan, karena ini adalah penyakit yang sangat berbahaya)

Sedangkan penyakit lainnya lagi mampu menular kepada janin melalui ibu yang sedang mengandung, seperti Campak dan Gondongan:

https://www.youtube.com/watch?v=NKOXQX4K-4I
Penjelasan singkat mengenai campak, campak, jerman, dan gondongan

Selain berbahaya bagi kesehatan si kecil, pengobatan untuk penyakit-penyakit tersebut juga membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Namun kabar baiknya, seperti yang kita ketahui, penyakit-penyakit tersebut bisa dicegah dengan imunisasi. Selama pandemi pun, imunisasi anak harus tetap diberikan sesuai jadwal.

Imunisasi Anak di Masa Pandemi

Imunisasi di masa pandemi Covid-19 sangat diperlukan untuk mencegah munculnya wabah-wabah baru menjangkiti anak kita.

Masih ingat dengan wabah difteri 2017 silam? Saat itu cakupan imunisasi difteri sedang rendah-rendahnya dan penyakit tersebut pun mampu menjangkit hingga 20 provinsi di Indonesia.

Selama masa pandemi, yang banyak ditakutkan oleh orang tua adalah harus membawa anak ke fasilitas kesehatan. Tentunya ini mengkhawatirkan karena dengan bepergian ke fasilitas umum, tentunya akan meningkatkan resiko terjangkit virus. Namun, beberapa fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan klinik khusus vaksinasi seperti inHarmony klinik telah menyiapkan solusi untuk masalah ini. mereka adalah imunisasi home service dan imunisasi drive-thru :

https://www.youtube.com/watch?v=1VaVESaFsZQ