Penyakit meningitis merupakan penyakit serius yang menyerang lapisan selaput otak (meningen). Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pusat pengontrol gerak, pikiran, bahkan kematian sehingga harus ditangani segera.

Penularan virus penyebab meningitis umumnya terjadi lewat  kontak langsung.  Baik melalui batuk, bersin, ciuman, ataupun pemakaian perkakas bersama, seperti sendok atau sikat gigi. Dengan begitu, penting sekali menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah penularan.

Jika anda berencana pergi haji dalam waktu dekat? Jangan lupa sempatkan jadwal imunisasi meningitis sebelum pergi.  Sejak tahun 2002, pemerintah Arab Saudi memberlakukan kewajiban imunisasi meningitis bagi calon haji yang akan pergi ke Mekah dan Madinah.

Tidak hanya untuk anda yang akan naik haji, Jika Anda rutin melakukan traveling ke luar negeri, baik untuk keperluan bisnis atau pekerjaan, lakukan imunisasi sebagai pencegahan adalah hal yang wajib anda lakukan. Sebab, saat berada di tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi orang dari berbagai dunia, risiko Anda cukup besar untuk terpapar bakteri, virus, maupun jamur. Misalnya, saat Anda di bandara, di dalam pesawat terbang, tempat-tempat wisata, dan tempat keramaian publik lainnya.

Imunisasi merupakan cara yang paling efektif dalam mencegah penyakit meningitis. Karena Imunisasi mampu menyiapkan sistem kekebalan sebelum terkena kuman dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi ketika terjadi.

Imunisasi diberikan untuk mencegah penyakit meningokokus, penyebab utama meningitis bakteria, yaitu infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang serta keracunan darah (sepsis). Setiap calon jamaah akan mendapatkan imunisasi yang melindungi empat dari lima kelompok bakteri penyebab meningikokus, yaitu jenis A,C, W-135 dan Y. Satu jenis vaksin lagi, tipe B, sekarang ini sedang dalam tahap uji coba.

Pemberian Imunisasi meningitis dilakukan antara 10-14 hari sebelum keberangkatan. Karena saat itu antibodi sedang terbentuk dengan kuat. Ketika antibodi sudah kuat, potensi tertular atau sekadar sebagai pembawa meningitis pun bisa ditekan. Masa inkubasi meningitis sendiri terbilang singkat, yaitu 2-10 hari, yang bisa menyebabkan kematian, bahkan ketika sudah terdeteksi dan mendapatkan perawatan.

Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan sebelum makan atau setelah ke toilet, hal tersebut juga membantu untuk mencegah terserangnya penyakit meningitis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *