Manfaat Pemberian Vaksin MR pada Anak

Ada banyak jenis vaksin yang harus diberikan pada bayi dan anak. Salah satu yang sudah disetujui pemerintah Indonesia untuk diberikan ialah imunisasi MR. Vaksin ini untuk pembentukan antibodi terhadap virus campak dan rubella.

Kenapa harus membentuk antibodi tersebut? Ya, alasannya ialah karena campak dan rubella merupakan penyakit berbahaya yang bisa mengganggu saluran nafas. Penularannya juga sangat mudah, bisa melalui kontak langsung dengan pasien campak dan rubella yang batuk maupun bersin.

Namun nyatanya, beberapa orangtua masih ragu untuk pemberian jenis vaksin ini. Masih ada pro dan kontra yang terjadi. Maka dari itulah, berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari imunisasi MR pada bayi dan juga anak.

 

Pentingnya  Pemberian Imunisasi MR pada bayi

Campak merupakan penyakit yang berbahaya, bisa menyebabkan demam, ruam, dan juga batuk pilek, serta mata merah yang berair. Bila terjadi komplikasi, maka bisa menyebabkan diare, pneumonia, dan juga kerusakan otak. Selanjutnya bisa berdampak pada kematian.

Imunisai MR diberikan pada anak dengan tujuan agar resiko terjangkit penyakit ini semkain kecil. Hingga anak bisa tumbuh dengan sehat dan daya tahan tubuh yang kuat.

Pemberian vaksin MR ini ialah pada anak usia 9 bulan, 18 bulan, serta pada saat anak kelas 1 SD. Pemerintah sudah menganjurkan pemberian vaksin ini di setiap dinas kesehatan daerah.

Pemberiannya cukup aman bagi anak. Termasuk yang sudah mendapat vaksin MMR, anak masih wajib mendapat vaksin MR. Hal ini juga sesuai dengan rekomendasi dari WHO sebagai badan kesehatan dunia. Vaksin ini juga sudah mendapat ijin edar dari badan POM Indonesia dan digunakan di ratusan negara di dunia.

Masyarakat tak perlu kahwatir, meskipun pemberian imunisasi MR bisa menyebabkan efek samping ringan, contohnya seperti ruam, bengkak ringan, dan terkadang nyeri di lokasi suntikan vaksin. Reaksi ini normal terjadi setelah imunisasi.

Pembeiran imunisasi MR ini sama pentingnya dengan imunisasi lain karena penyakit campak sangat berbahaya dan menyebabkan komplikasi yang membahayakan kehidupan. Pemberian vaksin bisa meningkatkan kekebalan tubuh buah hati dan membantunya tumbuh dengan sehat dan juga tahan terhdap serangan virus berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *