Mengetahui Pentingnya Imunisasi pada Anak

 

Indonesia adalah salah satu negara yang mewajibkan imunisasi pada warganya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mengurangi resiko penyakit serta kecacatan pada anak.

 

Maka dari itulah, penerapan imunisasi harus dilakukan dengan kesadaran mengingat masih banyak pula masyarakat yang tidak mau melakukan imunisasi dasar pada buah hati mereka.

 

Di sini akan dibahas mengenai pentingnya imunisasi dasar pada anak dan juga beberapa jenis vaksin wajib dan harus diberikan pada anak.

 

Pentingnya Imunisasi Dasar pada Anak

Imunisasi bisa diberikan pada anak dan juga remaja. Sementara, beberapa jenis imunisai diberikan pada bayi dan juga balita untuk mencegah tertularnya virus yang mematikan pada masa tumbuh kembang mereka.

 

Imunisasi ini disebut juga imunisasi dasar, yang diberikan dengan mempertimbangkan faktor tertentu, yakni:

Imunisasi diberikan pada bayi yang menghadapi lingkungan baru. Kondisi bayi yang baru lahir ini rentan terjangkit banyak virus penyakit berbahaya karena tubuh belum membentuk antibody untuk penyakit-penyakit itu. Pemberian vaksin diharapkan dapat membantu bayi untuk tumbuh sehat karena sudah terbentuk berbagai antibodi untuk virus tertentu.

 

 

 

Manfaat Imunisasi Dasar

 

Beberapa Imunisasi Dasar pada Anak

Bayi dan balita wajib menerima imunisasi dasar sesuai yang dianjurkan oleh WHO dan juga para dokter anak. Berikut ini beberapa jenis vaksinnya:

 

Itulah beberapa jenis imunisasi dasar pada bayi dan anak. Pemberiannya secara rutin dan sesuai jadwal bisa meningkatkan tingkat kesehatan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *